Jawabannya ada di dalam pertanyaan. Salah satu alasan penundaan yang paling diabaikan melibatkan penolakan kita (pikiran negatif dan perasaan negatif) terhadapnya. Pemahaman bahwa apa yang kita tolak sebenarnya berasal dari psikologi yang mendalam.

Kami menunda banyak hal karena kami begitu menolak penundaan hingga hal itu terus berlanjut dalam hidup kami. Beberapa dari kita bahkan memiliki artikel ‘merah’ yang bermaksud baik tentang mengatasi penundaan, yang menyebutkan semua efek negatif dari penundaan tugas. Ini hanya berfungsi untuk lebih memperkuat semua perlawanan yang kita miliki terhadap penundaan itu sendiri.

Jika kita sepenuhnya mengalami emosi negatif tentang semua konsekuensi negatif potensial dari penundaan, kita sebenarnya tidak akan terlalu banyak menunda. Ini sesederhana menanyakan ‘bagaimana perasaan saya tentang menunda-nunda tugas ini’, berfokus pada tugas spesifik yang kita tunda, menyesuaikan perasaan apa pun yang muncul sehubungan dengan menunda tugas itu tanpa batas waktu, dan memberikan perhatian penuh pada masalah emosional. ruang di dalam diri kita sendiri.

Semakin percaya diri dan tak kenal takut kita terhadap semua hal yang bisa terjadi akibat penundaan, semakin sedikit kekuatan yang dimilikinya atas kita. Ironisnya, ketakutan atau kekhawatiran negatif kita tentang semua hal yang bisa terjadi akibat penundaan membuat kita terjebak dalam cengkeramannya. Tarik energi yang diinvestasikan ke dalam ketakutan dan kekhawatiran ini dengan mengalaminya sepenuhnya dan memahaminya pada tingkat yang mendalam.

Pada tingkat praktis, jika kita benar-benar siap untuk skenario kasus yang lebih buruk yang dapat muncul akibat penundaan, tidak lagi terasa bermasalah.

Menerapkan Informasi Ini

Beban Emosional di Sekitar Penundaan Tugas

  1. Tanyakan pada diri Anda, apa yang dapat terjadi sebagai akibat dari menunda-nunda tugas ini? (Fokus pada tugas spesifik yang Anda tunda)
  2. Tanyakan pada diri Anda: Jika itu terjadi, pikiran atau perasaan apa yang muncul? Fokuskan kesadaran penuh pada setiap pikiran / perasaan yang muncul.
  3. Terus ulangi langkah 1 dan 2 sampai semua pikiran negatif dan perasaan negatif Anda terhadap konsekuensi penundaan menjadi tidak peka.

Menangani Skenario Kasus yang Lebih Buruk

  1. Tanyakan pada diri Anda: Apa skenario kasus yang lebih buruk yang dapat muncul jika saya menunda-nunda tugas ini? (Fokus pada tugas spesifik yang Anda tunda)
  2. Tanyakan pada diri Anda: Bagaimana perasaan saya tentang skenario kasus yang lebih buruk ini? Terhubung dengan dan rasakan sepenuhnya semua emosi di sekitar skenario kasus yang lebih buruk.
  3. Tanyakan pada diri Anda: Apa yang dapat saya lakukan untuk meminimalkan efek skenario kasus yang lebih buruk ini jika muncul? Bagaimana saya menangani skenario kasus yang lebih buruk ini jika itu benar-benar terjadi? (Pikirkan atau bahkan tuliskan beberapa kemungkinan jawaban)
  4. Terus ulangi langkah 1–3 hingga Anda memikirkan semua skenario kasus yang lebih buruk, menghadapi sepenuhnya semua perasaan di sekitar masing-masing skenario ini, dan membahas masing-masing?

Penghindaran / Pelarian Melalui Penundaan

  1. Tanyakan pada diri Anda: Apa yang saya coba hindari atau hindari dalam hidup dengan menunda-nunda tugas ini? (Fokus pada tugas spesifik yang Anda tunda)
  2. Tanyakan pada diri Anda: Pikiran atau perasaan apa yang muncul ketika saya memikirkan hal yang saya coba hindari atau hindari ini? Terhubung dan rasakan sepenuhnya semua emosi di sekitar hal yang Anda coba hindari atau hindari.
  3. Tanyakan pada diri Anda: Pikiran atau perasaan apa yang muncul ketika saya berpikir untuk menghadapi segala sesuatu sepenuhnya? Terhubung dengan dan rasakan sepenuhnya semua emosi di sekitar ini.
  4. Terus ulangi langkah 1–3 sampai Anda: a) merasa seolah-olah Anda telah membahas pada tingkat psikologis segala sesuatu yang mungkin Anda coba hindari melalui penundaan tugas b) benar-benar menghadapi setiap perasaan yang terkait dengan semua hal yang Anda coba hindari

Menghadapi Realitas Melakukan Tugas Sekarang

  1. Tanyakan pada diri Anda: Apa yang saya coba hindari atau hindari yang mungkin saya hadapi jika saya melakukan tugas ini sekarang? Atau jika saya selalu melakukan hal pertama terlebih dahulu? (Fokus pada tugas spesifik yang Anda tunda atau tugas yang Anda identifikasi sebagai ‘hal pertama yang pertama’)
  2. Tanyakan pada diri Anda: Pikiran atau perasaan apa yang muncul ketika saya memikirkan hal yang saya coba hindari atau hindari ini? Terhubung dan rasakan sepenuhnya semua emosi di sekitar hal yang Anda coba hindari atau hindari.
  3. Tanyakan pada diri Anda: Pikiran atau perasaan apa yang muncul ketika saya berpikir untuk menghadapi segala sesuatu sepenuhnya? Terhubung dengan dan rasakan sepenuhnya semua emosi di sekitar ini.
  4. Terus ulangi langkah 1-3 sampai Anda: a) merasa seolah-olah Anda telah membahas pada tingkat psikologis segala sesuatu yang mungkin Anda coba hindari b) benar-benar menghadapi setiap perasaan yang terkait dengan semua hal yang Anda coba hindari

Menghadapi Konsekuensi Memulai, Melanjutkan, Dan / Atau Menyelesaikan Tugas

  1. Tanyakan pada diri Anda: Apa konsekuensi negatif potensial yang dapat muncul sebagai akibat dari memulai, melanjutkan, dan / atau menyelesaikan tugas ini? (Fokus pada tugas spesifik yang Anda tunda)
  2. Tanyakan pada diri Anda: Pikiran atau perasaan apa yang muncul ketika saya memikirkan konsekuensi negatif potensial ini? Terhubung dengan dan rasakan sepenuhnya semua emosi di sekitar konsekuensi ini.
  3. Tanyakan pada diri Anda: Pikiran atau perasaan apa yang muncul ketika saya berpikir untuk menghadapi semua konsekuensi potensial dari memulai, melanjutkan, dan / atau menyelesaikan tugas ini? Terhubung dengan dan rasakan sepenuhnya semua emosi di sekitar ini.
  4. Terus ulangi langkah 1-3 sampai Anda: a) merasa seolah-olah Anda telah membahas pada tingkat psikologis setiap potensi konsekuensi negatif b) sepenuhnya menghadapi setiap perasaan yang terkait dengan semua potensi konsekuensi negatif c) merasa percaya diri pada tingkat psikologis tentang menghadapi semua potensi konsekuensi dari memulai, melanjutkan, dan / atau menyelesaikan tugas yang telah Anda tunda

Sumber