Jenis Motif Batik Asal Daerah Nusantara

Jenis Jenis Motif Batik Asal Daerah Di Indonesia – Batik saat ini merupakan salah satu sebuah karya seni yang sudah mendunia, batik sudah menjadi hal yang sangat khas bagi Indonesia. Batik Indonesia adalah salah satu sebagai budaya yang sudah ditetapkan dengan UNESCO sebagai salah satu warisan pada kemanusiaan hanya untuk budaya lisan maupun nonbendawi. Hal ini telah ditetapkan sejak 2 Oktober 2009, maka dari itu pada tanggal 2 Oktober merupakan sebuah momen peringatan hari batik nasional di Indonesia.

Sudahkah anda mengetahui tentang Jenis Jenis Motif Batik Asal Daerah Di Indonesia? Jika anda belum mengetahuinya mari simak bersama kami selengkapnya pada ulasan artikel berikut ini.

Motif Batik Sogan Asal Solo

Batik ini didominasi dengan warna cokelat muda dan memiliki motif khas seperti bunga dengan aksen titik-titik atau lengkungan garis. Dulunya batik ini digunakan oleh raja-raja di Jawa khususnya di keraton kesultanan Solo. Namun saat ini batik ini bisa dipakai oleh siapa saja baik warga keraton atau orang biasa.

Baca Juga : Mengenal Tentang Batik Keraton

Motif Parang Khas Pulau Jawa

Motif batik ini berbentuk seperti huruf S miring berombak panjang. Motif ini tersebar di seluruh Jawa, mulai dari Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Barat. Namun yang membedakannya yaitu terletak pada aksen dari batik motif Parang tersebut. Jika di Jogja motif parang rusak dan parang barong, di Jawa Tengah parang slobog dan di Jawa Barat parang klisik.

Baca Juga : Ragam Batik Nusantara

Motif Batik Jepara Asal Jepara

Motif batik jepara memiliki dua macam motif yaitu motif lama dan motif baru. Motif batik yang lama mempunyai warna lung hitam dengan gajah berwarna coklat dan daun ulir berwarna hijau. Sedangkan untuk motif batik yang baru mempunyai lebih banyak variasi. Banyak yang menyebutkan batik ini adalah batik Kartini karena berasal dari Kota Jepara.

Baca Juga : Kesenian Batik Di Nusantara

Motif Batik Sekar Jagad Asal Yogyakarta

Motif Sekar Jagad ini mempunyai makna kecantikan dan keindahan bagi setiap orang yang melihatnya. Kata “Kar Jagad” dari bahasa Jawa. Kar berarti peta dan Jagad berarti dunia, sehingga dilambangkan sebagai keragaman diseluruh dunia. Namun ada juga yang mengartikan Sekar Jagad asalnya dari kata Sekar yang berarti bunga dan Jagad berarti Dunia. Jadi dua arti ini menggambarkan keindahan dan keanekaragaman bunga di seluruh dunia.

Nah itulah ulasan tentang Jenis Jenis Motif Batik Asal Daerah Di Indonesia dari kami. Jika anda sedang mencari batik seragam jangan lupa untuk memesannya di jasa cetak batik juraganbatik.net. Di Juragan Batik anda dapat memilih berbagai jenis kain batik dengan berbagai motif yang bagus. Anda juga dapat pesan batik motif sendiri sesuai dengan selera di Juragan batik.

 

%d bloggers like this: