Kita semua ingin tetap sehat dan bahagia seiring bertambahnya usia. Berolahraga dan makan dengan benar adalah dua hal yang jelas dapat kita lakukan untuk membantu. Tapi tahukah Anda bahwa mendengarkan yang terbaik memiliki dampak yang besar juga? Berikut empat cara mendengar yang terbaik dapat membantu Anda menua.

Mendengarkan yang terbaik membantu Anda bersosialisasi

Saat kita mendengar dengan jelas dan tanpa batasan, lebih mudah untuk terlibat, memelihara koneksi, merasa menjadi bagian dari percakapan, dan tetap aktif secara sosial. 

Sebaliknya, orang yang kesulitan mendengar sering kali memutuskan bahwa lebih mudah untuk menghindari situasi sosial. Mereka mungkin menolak undangan, membatasi interaksi, dan menarik diri secara sosial. 

Tahukah kamu?

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang menikmati hubungan sosial cenderung hidup lebih lama daripada mereka yang terisolasi dan kesepian.

Mendengarkan yang terbaik membantu Anda tetap waspada dan terkendali

Indra pendengaran kita memainkan peran besar dalam seberapa percaya diri kita dan seberapa aman perasaan kita saat kita bepergian. Saat kita mendengar dengan jelas, kesadaran spasial kita terbuka dan kita dapat membedakan dan bereaksi terhadap isyarat yang dapat didengar yang memperingatkan kita tentang masalah keselamatan.

Orang yang tidak bisa mendengar seperti dulu lebih cenderung melewatkan isyarat peringatan, merasa kurang percaya diri dengan lingkungan di luar rumah, dan lebih berisiko mengalami kecelakaan dan cedera.

Tahukah kamu?

Individu dengan pendengaran yang baik memiliki kemungkinan 2X lebih kecil untuk mengalami cedera yang tidak disengaja dan 3X lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki riwayat jatuh dibandingkan dengan mereka yang kehilangan pendengaran.

Mendengarkan yang terbaik dapat membantu Anda tetap tajam secara mental

Sejumlah penelitian telah mengaitkan gangguan pendengaran dengan demensia, tantangan kesehatan mental yang diprediksi oleh Organisasi Kesehatan Dunia akan meningkat tiga kali lipat pada tahun 2050.

Para ahli menghubungkan hubungan tersebut dengan fakta bahwa gangguan pendengaran menyebabkan isolasi sosial (faktor risiko yang diketahui untuk demensia), yang mempercepat otak penyusutan, dan memaksa otak untuk “mencuri” energi yang dibutuhkan untuk ingatan dan pemikiran.

Tahukah kamu?

Sebuah komisi internasional untuk pencegahan demensia baru-baru ini mengkonfirmasi bahwa mengobati gangguan pendengaran pada usia paruh baya adalah faktor risiko terbesar yang dapat dimodifikasi untuk pencegahan demensia.

Mendengarkan yang terbaik membuat Anda bahagia

Lebih dari segalanya, mendengar yang terbaik membantu kita tetap positif dan bersemangat. Baik itu mendengarkan tawa teman, suara simfoni, kata-kata pertama seorang anak, deburan ombak laut, atau nyanyian burung di luar jendela, mendengar membuat kita tetap terlibat, optimis, dan terhubung dengan dunia di sekitar kita.

Tahukah kamu?

Menurut AARP, optimisme dan pandangan positif menambah 7,5 tahun hidup kita dan pengurangan risiko kardiovaskular sebesar 80 persen.

Pendengaran merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki, bagi anda yang memiliki gangguan pendengaran anda dapat berkunjung ke Klinik Pendengaran Jakarta AQM Hearing Center. Klinik Pendengaran Jakarta AQM Hearing Center menyediakan berbagai layanan yang dapat menjadi solusi masalah pendengaran anda. Segera konsultasikan masalah pendengaran anda ke AQM Hearing Center sekarang juga.